Scroll untuk baca artikel
BeritaKesehatan

Tantangan Pengelolaan Limbah Medis di Puskesmas Panipahan Rokan Hilir: Ancaman Serius bagi Kesehatan Masyarakat

61
×

Tantangan Pengelolaan Limbah Medis di Puskesmas Panipahan Rokan Hilir: Ancaman Serius bagi Kesehatan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Rokan Hilir – Puskesmas Panipahan Rokan Hilir dihadapkan pada tantangan serius terkait pengelolaan limbah medis. Limbah tersebut, yang mengandung risiko infeksi dari mikroorganisme dan dapat menyebabkan penyakit serius seperti Hepatitis B, Hepatitis C, dan HIV/AIDS, ditemukan berserakan di tempat pembuangan sampah.

Kepala Puskesmas, Nurhayati, mengakui bahwa limbah medis yang berserakan disebabkan oleh tindakan pasien dan kelalaian dari pihaknya. Meskipun telah memiliki MoU dengan perusahaan bersertifikat untuk penanganan limbah medis, Nurhayati menjelaskan bahwa ada kejadian kelalaian yang mengakibatkan limbah medis tidak diolah dengan baik.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk lihat konten

“itu pasien yang buang dan kelalaian dari cs kami, dan sebenarnya kami sudah memiliki MoU dengan perusahaan bersertifikat di Bagan Batu untuk menampung limbah medis kami. Terakhir, kami mengirim limbah menggunakan ambulans pertengahan tahun 2023,” ujar Nurhayati pada Selasa (2/1/2024).

Situasi ini menunjukkan urgensi peningkatan kesadaran dan pengelolaan limbah medis di Puskesmas Panipahan Rokan Hilir demi melindungi kesehatan masyarakat setempat.(Tim)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *